.


RTIKPIDIE.OR.ID - Website gampong biasanya memuat berbagai informasi penting yang terkait dengan gampong tersebut. Kalau kita amati bisa dikatakan hampir semua website gampong mempunyai struktur yang sama. Apa saja informasi penting yang ada di website gampong?

Tampilan Website Gampong Cot Baroh Menggunakan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka)
Tampilan Website Gampong Cot Baroh Menggunakan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka)
 

Nah, pada artikel ini saya ingin mengulas sedikit tentang beberapa informasi yang harus ada di website gampong. Barangkali ini bisa menjadi gambaran jika suatu saat Anda ingin membuat website gampong.


1. Profil Gampong 
Apa itu profil gampong? Profil gampong adalah informasi yang memuat kondisi geografis gampong yang meliputi sejarah gampong, topografi, batas wilayah, peta wilayah, kepadatan penduduk dan sebagainya. 

Dengan membaca informasi yang ditampilkan di halaman profil gampong diharapkan pengunjung website memiliki gambaran yang lengkap mengenai kondisi gampong tersebut. 

Mengingat bahwa informasi yang terkait dengan suatu gampong itu tidak sama, ada yang informasinya sedikit, ada pula yang banyak, maka tidak jarang informasi tentang profil gampong ini ditampilkan dalam beberapa halaman sesuai dengan jenis informasinya.

2. Struktur Organisasi 
Sebuah gampong pasti mempunyai perangkat gampong dan staf yang bekerja untuk melayani masyarakat gampong tersebut. Informasi tersebut sangat penting untuk ditampilkan di website gampong. Sangat aneh kalau website gampong tidak mempunyai informasi tersebut. 

Minimal website gampong harus menampilkan informasi tentang struktur organisasi gampong yang meliputi kepala gampong atau lurah, sekretaris gampong, kaur dan dukuh. Akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan informasi tentang wewenang dan tugas masing-masing perangkat gampong tersebut. 

3. Potensi Gampong 

Salah satu fungsi website gampong adalah untuk mempromosikan potensi atau keunggulan yang dimiliki oleh sebuah gampong agar kesejahteraan masyarakat gampong meningkat. 

Apa saja potensi gampong yang perlu ditampilkan di website gampong? 

Tentu saja banyak sekali. Misalnya saja obyek wisata yang ada di gampong tersebut, keunikan budayanya, produk-produk kerajinan masyarakat, UKM yang ada di gampong tersebut, dan sebagainya. 

4. Data Wilayah 
Sebuah gampong biasanya dibagi menjadi beberapa wilayah yang lebih kecil yang dikepalai oleh seorang dukuh. Informasi tentang dukuh tersebut wajib ditampilkan di website gampong agar pengunjung mengetahuinya. 

Agar lebih jelas perlu juga dilengkapi dengan peta dari Google Map sehingga orang yang ingin berkunjung ke gampong tersebut dapat menemukan lokasi gampong dengan mudah. 

5. Lembaga Gampong 
Sebuah gampong umumnya mempunyai beberapa lembaga gampong, misalnya saja Tuha Peut Gampong, Tuha Lapan Gampong , Tim Penggerak PKK, Karang Taruna maupun organisasi masyarakat lainnya. 

Informasi tentang lembaga gampong tersebut wajib ditampilkan di website gampong agar semua masyarakat mengetahuinya. Sangat penting untuk menjelaskan apa fungsi dan kegiatan masing-masing lembaga gampong tersebut karena tidak jarang masyarakat di gampong itu sendiri kurang memahaminya. 

6. Layanan 
Pemerintah gampong merupakan lembaga pemerintah yang berfungsi untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Jadi sangat penting untuk memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat layanan apa saja yang disediakan oleh pemerintah gampong. 

Masyarakat berhak tahu bagaimana prosedur untuk mendapatkan layanan tersebut, persyaratan apa saja yang harus dipenuhi, berapa biayanya, dan sebagainya. 

Dengan membaca informasi yang ada di website gampong, masyarakat tidak perlu lagi bertanya-tanya apabila suatu saat membutuhkan layanan tersebut. 

7. Berita dan Agenda 
Masyarakat gampong berhak tahu apa saja kegiatan pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah gampong. Kegiatan apa saja yang sudah maupun yang akan diselenggarakan oleh gampong. Melalui media website, pemerintah gampong bisa dengan mudah mempublikasikan kegiatan gampong dan bisa diakses oleh semua masyarakat. 

Setiap kegiatan dan agenda yang diselenggarakan oleh gampong harus dimuat di website gampong agar bisa diketahui oleh seluruh masyarakat gampong. 

8. Laporan Anggaran 
Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada segenap masyarakat, pemerintah gampong perlu menampilkan laporan anggaran pendapatan dan belanja gampong secara berkala di website gampong. 

Lewat website gampong tersebut pemerintah gampong juga bisa melaporkan realisasi penggunaan dana gampong setiap tahunnya. Dengan adanya laporan anggaran tersebut masyarakat bisa mengetahui bagaimana kemajuan gampongnya. 

9. Layanan Pengaduan 

Website gampong juga bisa dimanfaatkan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengaduan kepada pemerintah gampong. 

Tak perlu fasilitas yang canggih untuk keperluan tersebut. Form pengaduan yang sederhana saja sudah cukup. Yang paling penting adalah form pengaduan tersebut harus terhubung dengan email resmi yang dimiliki oleh pemerintah gampong dan terus dipantau setiap saat. 

10. Download Dokumen Penting 
Website gampong juga harus menyediakan fasilitas untuk mendownload dokumen-dokumen penting seperti regulasi tentang gampong baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, Gampong dan formulir layanan. 

Dengan menyediakan dokumen-dokumen yang bisa didownload secara bebas oleh masyarakat akan mempermudah dan mempercepat proses layanan kepada masyarakat. 

Itulah 10 informasi penting yang wajib ada jika suatu saat Anda ingin membangun website gampong. Barangkali ada yang ingin menambahkan? 

Semoga Bermanfaat, Sumber :  diolah dari situs www.sorsawo.com

Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}