.

Penjabat Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., dinobatkan sebagai tokoh Rekonsiliasi dan Pembangunan oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). 

Pemberian gelar tersebut di laksanakan di Balrom Parkside Gayo Petro Takengon Aceh Tengah bersama 14 tokoh lain yang memiliki kontribusi besar dalam pembangunan masyarakat dan daerah di Aceh pada Selasa malam (8/5/2023). 

Pj. Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto mengucapkan "terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu menyelelaraskan persatuan dan kedamaian di Pidie". 

"Kita bangun Pidie dengan kebersamaan dan kasih sayang" lanjutnya. 

Mengapa Wahyudi menjadi sosok pemersatu, simak Narasi Jalan Sunyi Pendekar Rekonsiliasi. 

Direlong mesin pencari top dunia maya Google, jejak lini masa sosok satu ini hampir tak terekam yang menyembur di kulit google cuma nama, jabatan dan kegiatan serimoni yang ditorehkan ditempatnya bertugas. 

Lalu anda bermimpi bisa menemukan sisi lain kehidupan lelaki paruh baya ini. Nama keluarga dekat, kegemaran, tempat dan tanggal lahir yang akurat di etalase google itu serupa saja, kita melontarkan peribahasa arkais bagai mencercang air melakukan pekerjaan sia-sia.

Siapa sebenarnya pesona lelakinya misterius itu, dia adalah Wahyudi Adisiswanto intelijen senior dari lembaga telik sandi Badan Intelijen Negara BIN Republik Indonesia yang kini Penjabat Bupati Kabupaten Pidie Propinsi Aceh. 

Wahyudi belum genap satu tahun di Pidie ia bekerja dalam senyap ketika menenun kumpulan konflik opini di kabupaten beratmosfir politik paling keras, ganas dan menantang itu.  Bayangkan sumbu pergolakan Aceh di bakar di puncak pegunungan Halimon Tiro kabupaten Pidie yang kini dipimpin Wahyudi. 

Tak ada bekal khusus ketika Wahyudi mendadak ditunjuk sebagai Pj. Bupati di kabupaten merah semasa konflik dahulu. 

Tiga hari menjelang pelantikan Wahyudi baru diberi tahu akan dilantik sebagai Penjabat Bupati Pidie.

Diranah pendinginan wilayah konflik Wahyudi bukan pentagobis baru ia adalah satu dari sekian eksponen yang meniupkan roh perdamaian di wilayah konflik kesukuan seperti di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikota seribu mesjid ini Wahyudi didapuk sebagai dewan pembina Laskar Sasak ketika ia menjabat kepala BIN daerah NTB 2019-2021, ia berperan aktif menyatukan pergesekan antar suku di propinsi itu.

Di kabupaten Pidie Wahyudi menularkan kebaikan itu, ia menelusuri jalan sunyi itu tanpa mengumbarkan gerakan damai ke media, diam-diam Wahyudi sungkem ke ulama-ulama besar yang paling berpengaruh di Pidie dan diam-diam Wahyudi mendatangi tokoh politik, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat dan pentolan GAM. 

Hingga menjelang satu tahun sosok Wahyudi Berhasil merekatkan fiksi-fiksi di tanah bekas peperangan itu.

Simpul perdamaian dalam bermasyarakat di Pidie telah menemukan jalannya sendiri. Lewat jalan sunyi yang ditempuh Wahyudi Sang pendekar Rekonsiliasi itu. 

Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}