.

Laporan Kegiatan Relawan TIK Pidie

Pelatihan website gampong Kecamatan Geumpang

1. Dasar Kegiatan

Seiring dengan dikeluarkannya Undang- Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 yang mana dengan undang – undang tersebut desa atau gampong mendapatkan anggaran belanja desa yang begitu besar dan dalam Undang- Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 Bab 9 pada bagian ketiga Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan, pasal 86 ayat satu sampai enam menjelaskan :
  1. Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui Sistem Informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
  2. Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan kawasan perdesaan
  3. Sistem Informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.
  4. Sistem Informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data pembangunan Desa, Kawasan Perdesaam, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan Pembangunan kawasan Perdesaan.
  5. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan.
  6. Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa.
Oleh karena itu, Pemerintah Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie, berkerja sama dengan Relawan TIK Indonesia Pengurus Daerah Wilayah Kabupaten Pidie menggelar kegiatan peningkatan kapasitas aparatur gampong melalui bimbingan teknis pembuatan data profil dan website gampong.

2. Tujuan Kegiatan

Tujuan diselenggarakannya kegiatan peningkatan kapasitas aparatur gampong melalui bimbingan teknis pembuatan data profil dan website gampong adalah sebagai berikut :
  • Gampong berhak mendapatkan akses informasi melalui Sistem Informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
  • Gampong harus punya database profil gampong berbasis website yang bisa diakses oleh oleh masyarakat Gampong dan semua pemangku kepentingan.
  • Peningkatan Capacity Building aparatur Gampong.

3. Waktu dan Tempat Acara

Acara kegiatan peningkatan kapasitas aparatur gampong melalui bimbingan teknis pembuatan data profil dan website gampong dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 28 Januari 2016, Jam 11.00 WIB s/d Selesai yang bertempat di Aula Kantor Camat Geumpang

4. Peserta dan Sasaran

Peserta kegiatan peningkatan kapasitas aparatur gampong melalui bimbingan teknis pembuatan data profil dan website gampong, peserta yang hadir pada acara tersebut sebanyak ± 25 orang, terdiri dari Kabag Santel dan PDE Setdakabpidie, Camat Kecamatan Geumpang, Pegawai Kantor Camat, Relawan TIK Pidie dan  para Keuchik atau deligasi utusan keuchik dari gampong-gampong Se kecamatan Geumpang.

5. Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan peningkatan kapasitas aparatur gampong melalui bimbingan teknis pembuatan data base gampong dan website gampong adalah sebagai berikut :

NoJenis KegiatanPelaksanaTanggal KegiatanWaktu
1PembukaanPanitia PelaksanaKamis,
28 Januari 2016
11.00 - 11.10 WIB
2Sabutan CamatCamat Geumpangs.d.a11.10 - 11.25 WIB
3Sambutan Kabag Santel dan PDE SetdakabpidieKabag Santel dan PDE Setdakabpidies.d.a11.25 – 11.40 WIB
4Bimtek Data Profil GampongSekretaris Relawan TIK Pidies.d.a11.40 - 12.30 WIB
5Shalat Dhuhur dan Istirahat Makan SiangPanitia Pelaksanas.d.a12.30 - 13.30 WIB
6Bimtek Pemasangan Aplikasi Gampong “SIDEKA”Wakil Ketua Bidang Aplikasi dan Konten RTIK Pidies.d.a13.30 – 14.30 WIB
4Bimtek Profil Gampong Berbasis WebsiteSekretaris Relawan TIK Pidies.d.a14.30 - 15.30 WIB
5Sisi Tanya JawabSekretaris Relawan dan Wakil Ketua Bidang Aplikasi dan Konten Relawan TIK Pidies.d.a15.30 - 16.50 WIB
5PenutupanPanitia Pelaksanas.d.a16.50- 17.00 WIB

6. Sumber Dana dan Alokasi Dana

Untuk sumber dana dan alokasi dana pada kegiatan peningkatan kapasitas aparatur gampong melalui bimbingan teknis pembuatan data profil dan website gampong, dana dibebankan pada anggran gampong masing-masing yaitu dana pembuatan aplikasi gampong tahun anggaran 2015 dimana dana tersebut sudah menjadi slipa karena tidak terpakai pada tahun 2015. 

Berkat prakarsa Pemerintah Kecamatan Geumpang maka digelar kegiatan peningkatan kapasitas aparatur gampong melalui bimbingan teknis pembuatan data profil dan website gampong atas persetujuan perangkat gampong dalam Kecamatan Geumpang.            

7. Hasil yang Dicapai

Gampong – gampong dalam kecamatan Geumpang sangat bersemangat untuk mempromosikan daerahnya melalui internet yaitu mempromosikan kekayaan alam Geumpang yang terkenal seperti emas dan tanah yang subur, buktinya setiap gampong langsung dibelikan perangkat modem GSM untuk akses internet melalui dana profil gampong tahun 2015 yang diprakarsai oleh pihak Pemerintah Kecamatan Geumpang.

Meskipun gampong belum punya komputer, listrik sering mati dan saat listrik mati sinyal telkomunikasi (di Geumpang hanya ada telkomsel) hilang total tapi tidak mengurangi semagat mereka untuk melepaskan diri dari ketertinggalan.

9. Saran-Saran

Dengan adanya niat dan semangat gampong – gampong di Geumpang yang luar biasa, maka mari lebih giat lagi dalam semangat membangun gampong kita “Jangan kalah dengan keadaan, Tapi jadilah pemenang Dengan Segala Keterbasaan

Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}