.

LAPORAN KEGIATAN CAPACITY BUILDING
“PENGENALAN BLOG DASAR”
BAGI PENGURUS DAN ANGGOTA RTIK PIDIE

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

1. Dasar Kegiatan

Komunitas TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) adalah bagian dari Relawan TIK Indonesia yang merupakan sebuah organisasi sosial kemasyarakatan yang mendasarkan gerakannya pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan/ilmu pengetahuan di bidang teknologi dan komunikasi bagi para anggota relawan TIK. Diharapkan para relawan TIK Pidie akan mampu mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa mulai dari gampong.

Oleh karena itu, sebelum Relawan TIK  turut ke gampong untuk mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi maka relawan TIK perlu pembekalan terlebih dahulu yaitu Peningkatan Kapasitas Melalui Pengenalan Blog Tingkat Dasar.

2. Tujuan Kegiatan

Tujuan diselenggarakannya pelatihan blog tersebut adalah sebagai berikut :
  • Peningkatan Capacity Building seputaran TIK untuk Relawan TIK Pidie
  • Untuk melatih kreativitas Relawan TIK Pidie dalam pemanfaatan TIK Gampong.
  • Untuk menciptakan Relawan TIK yang tangguh yang siap mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan

3. Waktu dan Tempat Acara

Acara kegiatan capacity building “pengenalan blog dasar” bagi pengurus dan anggota Relawan TIK Pidie Sesi 1 dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 15 Januari 2016, Jam 14.30 sd Selesai yang bertempat di Waroong.Net. Adapun Kegiatan capacity building sesi berikutnya, tanggal dan tempat akan diumumkan kembali setelah sempat terhenti karena satu dan lain hal.

4. Peserta dan Sasaran

Peserta kegiatan peningkatan capacity building adalah  Relawan TIK Pidie dan Masyarakat umum, peserta yang hadir pada acara pelatihan menulis sebanyak 10 orang, karena quata setiap kegiatan hanya 10 orang mengingat tempat dan peralatan terbatas.

5. Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan acara peningkatan capacity building adalah sebagai berikut :

NoJenis KegiatanPelaksanaTanggal KegiatanWaktu
1PembukaanPanitia PelaksanaJum’at,
15 Januari 2016
14.30 - 14.40 WIB
2Kegiatan peningkatan capacity building “pengenalan blog dasar” Bagi pengurus dan anggota RTIK PidiePanitia Pelaksanas.d.a14.40 - 17.30 WIB

6. Sumber Dana dan Alokasi Dana

Untuk kelancaran acara kegiatan capacity building “pengenalan blog dasar” bagi pengurus dan anggota Relawan TIK Pidie, setiap peserta mengeluarkan biaya pribadi sebesar Rp. 15.000 untuk biaya tempat dan minum peserta, total dari sepuluh peserta terkumpul dana Rp 150.000.

Peserta Pelatihan Blog

7. Hasil yang Dicapai

Peserta pelatihan blog sangat antusias mengikuti pelatihan karena sebahagian peserta akan menggunakan blog untuk membuat took online ataupun sarana publikasi. Setelah pelatihan, peserta:
  1. Mengetahui cara membuat blog memakai fasilitas blogspot (google)
  2. Memahami fungsi fitur-fitur yang terdapat dalam blogspot.
  3. Mampu membuat sebuah blog sederhana sesuai dengan kaidah SEO (optimasi mesin pencarian)
  4. Mampu menulis artikel sesuai dengan kaidah SEO (optimasi mesin pencarian)

8. Saran-Saran

Para peserta berharap pelatihan ini tidak hanya dilakukan sekali saja, namun rutin sehingga materi blog dapat terserap dengan maksimal sehingga materi blog selain dapat diterapkan oleh para peserta namun juga ilmu dasar blog tersebut dapat diteruskan/dijelaskan ke teman-teman lain yang membutuhkan.

Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}