.

Laporan Kegiatan Pelatihan 

Pengembangan dan Implementasi Jurnalisme Gampong

pelatihan jurnalistik gampong

1. Dasar Kegiatan

Menulis merupakan suatu kegiatan menuangkan ide atau pikiran kedalam sebuah media. Selain sebagai menjadi sumber dan penyalur informasi, seorang penulis juga dapat menambah wawasan bagi dirinya sendiri dan juga orang banyak. Seiring perkembangan teknologi di zaman modern ini kegiatan menulis tidak lagi hanya dilakukan diatas kertas atau komputer semata. 

Kini kegiatan tulis menulis sudah langsung dapat dilakukan melalui jaringan internet. Dimana setiap informasi yang ditulis dan diterima oleh pembaca dalam langsung tersaji dalam hitungan menit. Dengan adanya website/blog yang disediakan sebagai media publikasi, sungguh kini seluruh masyarakat sudah dapat memiliki halaman catatannya sendiri di dunia maya. 

Tidak kalah ketinggalan, kini desa/gampong juga sudah memiliki halaman situs khusus yang diberikan oleh pemerintah untuk diberdayakan dan dijadikan media publikasi desa/gampong dengan domain desa.id / gampong.id. 

Untuk dapat mengelola web, admin atau operator harus mampus mengarang sebuah berita atau mengedit berita dari berbagai sumber untuk dapat dimuat di web/blog miliknya. Web/blog gampong tidak hanya bisa diisi oleh admin saja, tetapi apabila ada masyarakat yang mampu menulis berita, tulisannya dapat dimuat di web/blog gamong tersebut tersebut. 

Salah satu gampong di Kabupaten Pidie yang telah menggunakan website sebagai media publikasi gampongnya adalah Gampong Cot baroh Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie yang juga merupakan lokasi penempatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Syiah Kuala Kelompok P240. Nama link akses webnya adalah gampongcotbaroh.desa.id dan sudah pernah mendapatkan penghargaan Destika Award atas inisiatif dan kreativitas dalam penggunaan TIK dan pengunaan domain.id tahun 2014.

2. TujuanKegiatan

Tujuan diselenggarakannya pelatihan menulis tersebut adalah sebagai berikut :
  • Untuk melatih admin/operator gampong dalam hal membuat berita yang baik dan benar.
  • Untuk memunculkan minat/bakat  masyarakat dalam hal menulis dan melihat informasi sebagai hal yang penting untuk diserap dan dipublikasikan.
  • Untuk mempublikasikan web/blog gampong sebagai media informasi desa/gampong kepada masyarakat luas.
  • Memberikan sudut pandang positif tentang internet kepada masyarakat melalui penggunaan web/blog sebagai media publikasi informasi gampong.

3. Waktu danTempatAcara

Acara Pelatihan Jurnalistik Dasar dengan tema "Pengembangan dan Impelementasi Jurnalisme gampong Kabupaten Pidie" ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 31 Januari 2016 yang bertempatdi SD Negeri Cot Baroh, Jl. Paya Raoh Km 2.5 gampong cot baroh kecamtan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. 

4. Sasaran Peserta dan Peserta yang Hadir

Sasaran peserta pada acara ini adalah Admin/Operator tiap-tiap gampong, serta masyarakat umum gampong yang memiliki minat untuk menulis berita. Peserta yang hadir pada acara ini meliputi, 3 orang Geuchik Gampong, 15 orang pemuda yang terdiri dari 8 orang lelaki dan 7 orang perempuan, 5 orang Relawan TIK Pidie, 2 orang Mahasiswa KKN, 4 orang desa (2 orang bapak-bapak dan 2 orang ibu-ibu).

5. Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan acara Pelatihan Jurnalistik Dasar ini adalah sebagai berikut :

NoJenis KegiatanPelaksanaTanggal KegiatanWaktu
1ProtokolM.HerizalMinggu,
31Januari2016
10.00 -10.10 WIB
2Materi Menulis Berita yang baik dan benar, teknik menulis press release, dan pengenalan Jenis Media massaAhmad Firdaus
(Mahasiswa KKN Unsyiah Kelompok P240).
s.d.a10.10-11.20 WIB
4Materi Pengenalan blog sebagai media publikasiZainal Mahyar
( Ketua Relawan TIK Pidie)
s.d.a11.20-12.30 WIB
5Sesi Tanya JawabModerator,
M.Herizal
s.d.a12.30–13.00 WIB

6. Sumber Dana danAlokasi Dana

Dana kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar ini bersumber pada :
  • Ahmad Firdaus (Anggota Kelompok P240) Rp 450.000
  • Komunitas TIK Gampong Cot Baroh Rp 163.000, 
  • Dan CV Ulee Jembatan Rp 30.000

7. Hasil yang Dicapai

Hasil yang telah dicapai dari diselenggarakannya pelatihan Jurnalistik Dasar tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Adanya wawasan tambahan bagi operator/admin web gampong dalam hal penulisan berita yan baik dan benar.
  2. Tumbuhnya kesadaran masyarakat gampong akan pentingnya menggali informasi dan mempublikasikan informasi dalam bentuk berita melalui media internet (Web/blog) .
  3. Munculnya pandangan positif masyarakat terhadap internet, karena sebelumnya masyarakat masih menilai internet sebagai media yang kurang sehat. 
  4. Mempermudah operator/admin webblog gampong dalam hal mencari berita di gampong, karena masyarakat sudah paham untuk apa berita tersebut, dan kemana akan dibawa berita tersebut.
Foto bersama Relawan TIK Pidie dengan peserta pelatihan

Relawan TIK Pidie

Penjelasan tentang blog

Penjelasan tentang jurnalisme

Penyerahan sertifikat kegiatan Jurnalisme Gampong

8. Saran-Saran

Dari pihak panitia penyelenggara mengharapkan dengan adanya acara ini, setidaknya sedikit lebih mambantu Operator/Admin web/blog gampong dan juga masyarakat dalam hal menulis berita, dan juga menyebarluaskan informasi melalui media internet itu sangat membantu desa dalam hal mempublikasikan gampongnya. 

Harapannya, acara seperti ini dapat terus dilaksanakan baik oleh pemerintah kabupaten, kecamatan dan gampong. Diharapkan Relawan TIK juga dapat terus bekerja dalam hal memantau kemajuan website di tiap-tiap gampong yang ada di Kabupaten Pidie serta dapat mengambil andil pada kegiatan-kegiatan sejenisnya yang berhubungan dengan TI. 
Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}