.

Salah satu langkah antisipasi untuk menangkal materi negatif tersebut adalah dengan menginstal software pengaman di komputer kita. Yang harus diingat adalah, berbagai macam software  yang tersedia tidaklah menggantikan tidaklah peran orang-tua, guru ataupun komunitas dalam memberikan keamanan dan kenyamanan anak kita selema berselancar di internet. Software hanyalah alat bantu, yang tidak bisa menjamin 100% menghalau materi negatif dari lnrernet. Secara umum, software pengaman tersebut tersebut terdiri atas:

K9 Web Protection



Software Parental (Filter, Monitor dan Penjadwalan) 
Software ini untuk mencegah anak sengaja atau tidak sengaja membukan dan/atau melihat berbagai gambar yang tak Iayak (pornografi, sadisme, dan sebagainya) yang terdapat di situs Internet. Sofware ini juga akan memudahkan orang tua ataupun pengasuh untuk memonitor aktifitas anak selama online dengan berbagai variasi metode pengawasan. Fungsi lain dari software ini adalah untuk membatasi jumlah/durasi waktu anak dalam menggunakan intenet. Termasuk untuk pengaturan hari dan jam tertentu sehingga computer dapat atau tidak dapat digunakan oleh anak untuk berinternet. Contoh software :K9 Web Protection (www.k9webprotection.com)

Software Browser Anak
Sofware browser adalah yang menjadi perantara untama antara internet dengan komputer yang digunakan. Browser anak secara umum telah dirancang untuk semaksimal mungkin menyaring berbagai situs, gambar dan teks yang tak layak diterima anak. Browser anak digunakan oleh anak. Contoh software Kid Rocket (www.kidrocket.org)

Kid Rocket

Software Anti Virus
Software untuk mencegah agar program jahat pperusak data semisal virus, warm dan trojan, horse bercokol dan berkembang biak di komputer kita. Contoh Software : AVG anti virus (www.grisoft.com)

Beberapa contoh software di atas memiliki versi berlinsensi freeware (gratis dan bebas digunakan bagi pengguna individu ataupun non profit) ataupun shareware  (gratis dan gratis digunakan dalam periode waktu tertentu).

DNS Nawala
Kalau Anda telah memutuskan ingin memblokir/memfilter (selt-censorship) komputer sekolah, warnet, kantor dan rumah, maka gunakanlah DNS Nawala Project (www.nawala.org). Nawala Project adalah sebuah layanan yang bebas digunakan oleh pengguna internet yang membutuhkan saringan konten negatif.

 DNS Nawala Project

Internet Sehat.

Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}