.


RTIKPIDIE.OR.ID - Berikut ini lima pertanyaan awal orang tua kepada anak generasi online 

5 Pertanyaan Awal Orang Tua Kepada Anak Generasi Online


1.Apa yang teman-temanmu lakukan ketika berinternet?

Pertanyaan ini untuk menghilangkan perhatian anak dari pikiran Anda ingin mengintrogasinya’. Ini juga akan terdengar seperti pertanyaan biasa dan natural. Dalam taraf ini Anda akan mendengar jawaban untuk main game, chatting, dan Facebook-an.

2. Situs apa yang baru atau yang sedang ngetren?

Tanyak anak Anda kenapa memilih situs tersebut. Anda juga tanyak situs apa yang tidak populer lagi dan kenapa.

3. Apa saja situs Favoritmu?

Nah, di sinilah Anda mulai masuk ke dunia online anak, mulai dari pertanyaan yang biasa dan tidak menggurui. Biarkan anak-anak becerita, namun jangan lupa tanyakan kenapa dia memilih situs tersebut.

4. Apakah pernah menemukan kejahatan di internet?

Anak Anda mungkin tidak mengerti artinya, manun setidaknya mereka tahu contoh-contohyang telah terjadi. Ceritakan tentang berita kejahatan internet yang Anda ketahui, seperti email dan foto yang tidak senonoh, pencurian data pribadi, account palsu di Facebook dan lainya. Tanyakan apakah anak Anda juga mengetahuinya. Intinya, pastikan anak anak mengerti apa, jenis dan dampak dari kejahatan internet. Hal ini ampuh untuk membuat mereka waspada dan bakal berfikir ribuan kali agar tidak terjerumus.

5. Pernah melihat hal yang membuat tidak nyaman ketika sedang online?

Ini tahap dimana untuk membuat diskusi lebih lanjut tentang kejahatan internet. Seperti membahas kejadian peredaran foto porno dan situs yang berisi konten rasis. Ini bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan mereka, sehingga jika sesuatu terjadi di internet mereka bisa sharing ke Anda dan tidak merasa segan.

#InternetSehat #InternetBaik #InternetPositfi #InternetBernuansaSyariah
Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}