.


RTIKPIDIE.OR.ID - Dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur gampong tentang penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu, Tim Assesor Desa Broadband, Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (PPSP3-LPPM IPB) yang bekerjasama dengan Kementerian KOMINFO, BP2DK dan BP3TI mengadakan Focus Group Discussion (FGD) di Gampong Cot Baroh. Kegiatan diselenggarakan di Meunasah Gampong Cot Baroh pada Rabu 20 September 2017 lalu.

Foto Bersama di sela-sela kegiatan FGD Assessment Desa Broadband Tahun 2017
Foto Bersama di sela-sela kegiatan FGD Assessment Desa Broadband Tahun 2017

FGD yang didampingi oleh Nurdin Solihin dan rekanya Miftah sebagai Tim Assesor Desa Broadband, dan dihadiri juga oleh Keuchik Gampong Cot Baroh, Sekretarsi Gampong Cot Baroh dan 15 orang peserta yang mewakili dari perangakat gampong, kelembaagan gampong, pemuda dan masyarakat umum lainnya serta turut didampingi oleh Penggiat TIK Gampong Cot Baroh dan Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Pidie serta Penggiat TIK Desa Cikadu yang jauh-jauh datang ke Aceh untuk mengikuti kegiatan Festik di Banda Aceh, sampai mendampingi FGD Desa Broadband di Cot Baroh.

FGD terkait dengan kegiatan Assessment Pendampingan Penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu Tahun 2017 di 222 Desa di Indonesia dimana Gampong Cot Baroh sebagai salah satunya di Kabupaten Pidie. Ini bertujuan untuk meninjau dan mengkaji kemampuan gampong penerima program Desa Broadband Terpadu 2017 dalam memahami Platform tatakelola Kampung yang terpadu dan berkelanjutan dalam program Desa Broadband Terpadu.


Pembahasan FGD kali ini antar lain membahas tentang data sekunder gampong yakni mengenai luas wilayah dan jumlah peduduk 5 tahun terkahir, pekerjaan penduduk, pendidikan. Kemudian pemanfaatan sarana dan prasarana Internet di Gampong Cot Baroh, sasaran kebutuhan dasar Kampung serta identifikasi profil gampong, tipologi gampong dan strategi pengembangan gampong, serta infrastruktur gampong.

FGD Assessment Desa Broadband Tahun 2017


Dalam sambutannya, Keuchik Gampong Cot Baroh menyatakan rasa terimaksihnya kepada tim assesor yang telah jauh-jaud datang dari Jakarta hingga hadir di Gampong Cot Baroh, Kegiatan ini bukan diskusi biasa, kegiatan ini mempunyai manfaat besar bagi Gampong Cot Baroh dalam menyampaikan aspirasi, pendapat dan harapan terhadap kemajuan Gampong Cot Baroh yang selalu kita rindukan. Terpilih Gampong Cot Baroh menjadi salah satu Desa Broadband merupakan satu kesempatan baik dalam meningkatkan dan memperkenalkan Gampong Cot Baroh tidak terlepas dari kerja keras Penggiat TIK Gampong Cot Baroh.

Sementara itu dari Pemkab Pidie yang diwakili oleh Usman, SE, M.M selaku Kabid Pengelolaan Komunikasi dan Pelayanan Informasi Publik Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Pidie sangat mendukung atas terpilihnya Gampong Cot Baroh Kabupaten Pidie sebagai salah satu peserta Pendampingan Penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu Tahun 2017 oleh Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (PPSP3-LPPM IPB) yang bekerjasama dengan Kementerian KOMINFO, BP2DK dan BP3TI, ini tidak terlepas dari kerja keras penggiat TIK Gampong Cot Baroh, semoga kedepannya program seperti ini bisa diapliaksikan di gampong –gampong lain dalam Kabupaten Pidie. []

Sumber : gampongcotbaroh.desa.id



Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}