.


Pemerintah Gampong, Kecamatan Peukan Baro Kab. Pidie mengembangkan usaha pemeliharaan ikan lele Jumbo. Gampong ini berencana menjadi sentral Usaha dagang ikan lele yang akan bisa di distribusikan Warung Nasi yang ada di Kabupaten Pidie maupun di Banda Aceh.

Lewat BUMG, Gampong Jim Kembangkan/Budidayakan Pemeliharaan Ikan Lele


Keuchik Gampong Jim, Ramli Nurdin menjelaskan, usaha ini merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dibiayai dari Alokasi Anggaran Pedapatan Belanja Gampong ( APBG ) Budidaya pemeliharan ikan lele Jumbo dipilih lantaran mudah diaplikasikan dan prospek pemasarannya masih sangat bagus.

“Kebetulan ada warga kami yang ahli dan berpengalaman di bidang usaha ini. Saya yakin berhasil. Ke depannya kita berkehendak Gampong Jim menjadi sentra pemeliharan ikan lele Jumbo,” kata dia kepada Media Center Gampong

dan telah dibangun 2 kolam terpal untuk pemeliharaan ikan. Kolam ikan itu tampak telah di buat permanen. Pengelolaannya diserahkan kepada Kelompok untuk memeliharakan ikan yang dihasilkan nantinya untuk dipasarkan ke sejumlah daerah.

Ditambahkannya, untuk meningkatkan kesejahteraan warga juga dilakukan melalui usaha pengembangan usaha Pemeliharaan Ikan lele jumbo yang dikelola oleh Badan Usaha MiliGampong (BUMG) Gampong Jim.

Namun sebelumnnya, warga yang ingin memelihara terlebih dahulu dibekali pengetahuan dan pelatihan pemeliharan Ikan Lele Jumbo yang baik. Mulai dari penyediaan pakan, kesehatan pakan, cara mengetahui umur, seleksi bibit yang baik, pascapanen hingga analisa usaha dan pemasaran.Setelah mendapatkan ilmunya, .

Melalui program ini, harap dia, warga bisa hidup lebih sejahtera dan lebih yakin dalam menatap masa depan. Sebab dengan bekal ilmu dan pengetahuan tentang Pemeliharan Ikan Lele jumbo.  (Iswadi)
Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}