.


Pemerintah Gampong Jim Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie-Aceh menyalurkan/mendistribusikan Bak/Tong sampah kepada warga Gampong, hari Sabtu, ( 17/11/18)

Setiap depan rumah warga, dan tempat lainnya di Gampong Jim Kecamatan Peukan Baro Kab. Pidie Prov. Aceh, Pada tahun 2018 Membuat Program Prilaku Hidup Bersih Sehat yang di singkat dengan Program PHBS yang dananya bersumber dari APBG tahun 2018, suatu program yang menyentuh langsung kerumah tangga yaitu untuk memberi Bak sampah/Tong sampah yang di terima seluruh kepala Rumah Tangga setiap rumah 1 ( satu ) buah Bak/Tong sampah.

Keuchik Gampong Jim Wujudkan Satu Rumah Satu Tong Sampah


Dengan adanya bak/Tong sampah ini "Satu Rumah Satu Bak/Tong Sampah" tersebut, diharapkan masyarakat di Gampong ini, menjadi sadar untuk melaksanakan pentingnya kebersihan lingkungan dan masyarakat yang memiliki Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Program Satu Rumah Satu Bak/Tong Sampah ini, merupakan program Program Pemerintah Gampong Jim kata Keuchik Jim Ramli Nurdin pada tahun 2018, yang Program ini di setujui oleh Para Tuha Peut dan masyarakat Gampong Jim yang di amini oleh Ramli Usman, SH, MH selaku Ketua Tuha Peut Gampong.

Menurut Ramli Nurdin, program itu direalisasikan karena didasarkan pada pentingnya kebersihan lingkungan, membentuk masyarakat yang ber-PHBS yang saat penyaluran Bak/Tong sampah di dampingi oleh Sekretaris Gampong Baktiar, SE dan Muhammad Taufik selaku Kaur Pembangunan dan di saksikan Oleh Pedamping Desa Mahfuz dan Faisal Fisal Aw Pedamping Kecamatan Peukan Baro.

"Kalau anggaran cukup, ya kenapa tidak dilaksanakan program seperti itu," ujar Ramli Nurdin kepada Media Center Gampong Sabtu (18/11/2018). saat Program penyerahan Bak/Tong Sampah Kepada masing-Masing Kepala keluarga.

Sehingga sampah yang telah penuh di tong sampah akan di bawa ke panampungan Bak Sampah Gampong yang telah di sediakan 3 buah Bak sampah besar yang nantik Sampah tersebut akan di angkut oleh Petugas Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pidie untuk di bawa ke Tempat Penampungan Akhir ( TPA ) milik Pemkab Pidie.

Kalau ditinjau ke lapangan, lingkungan setiap rumah mulai bersih dari sampah, masyarakat sudah tertib buang sampah pada tempatnya,

Zakaria Nyak Umar Warga setempat yang di temui Iswadi Anggota RTIK Pidie, mengatakan, program satu rumah satu bak/Tong sampah, juga bisa mendidik masyarakat untuk akan pentingnya tertib dan tidak buang sampah sembarangan.

"Kalau keluarga tertib buang sampah ditempatnya, kan rumah jadi bersih, lingkungan sekitarnya juga bersih, terus kalau semua lingkungan rumah sudah bersih, maka Gampong ini juga menjadi Gampong yang bersih," ujar Zakaria Nyak Umar. 

Iswadi / Media Center Gampong
Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}