.

Belakangan ini, kita mulai sering mendengar dan melihat cuitan di sosial media seputar dengan tambahan kata 4.0 ( Four Point Zero ) Mungkin masih banyak diantara kita yang masih mempertanyakan apa itu Pandu Desa 4.0 sebenarnya.

Training Of Trainer Ssitem Informasi Desa untuk  "Pandu Desa 4.0"  


Apa Itu Pandu Desa 4.0 ?

Pandu Desa 4.0 adalah gerakan kepanduan yang menggabungkan kegiatan pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan memaksimalkan pengunaan pemanfaatan dan teknologi informasi . literasi digital dan diseminasi informasi serta pertukaran dan pemutakhiran data desa, sehingga menjadi informasi yang valid dan akurat Seperti Pengolahm Data kependudukan , Kemiskinan, pendidikan dan Informasi Pemanfataatan dan Potensi lahan.

Sejarah Kepanduan

Gerakan Kepanduan adalah sebuah gerakan pembinaan pemuda yang memiliki pengaruh mendunia. Gerakan kepanduan terdiri dari berbagai organisasi kepemudaan, baik untuk pria maupun wanita, yang bertujuan untuk melatih kecerdasan dan kecakapan pesertanya dan mendorong mereka untuk melakukan kegiatan positif di masyarakat.
Tujuan ini dicapai melalui program latihan dan pendidikan non-formal Kepanduan yang mengutamakan aktivitas praktis di lapangan

Internet of Things (IoT)

Internet dan Connectivity merupakan pemicu terjadinya Lahirnya Pandu Desa 4.0. Selain berhasil merubah proses alur distribusi komunikasi dan informasi , Internet dan Connectivity berhasil meningkatkan efisiensi Produksi konten dan juga behaviour manusia.

Bagaimana Internet dan Connectivity dapat berperan dalam sebuah Gerakan kepanduan ? “ Data ” adalah jawabannya. Salah satu hal yang sangat erat berkaitan dengan data adalah Internet of Things. Internet of Things merupakan upaya untuk membuat dan menghubungkan segala sesuatu yang ada menjadi sebuah “Data”, dan data inilah yang merevolusi kita dalam mengambil suatu keputusan, dan tindakan yang lebih efisien.

Perangkat IoT pada Pandu Desa 4.0 dikenal dengan Berupa Platform Tata Kelola SiDeKa yang berbasis Web base Internet of Things, yang sangat berguna untuk melakukan pengumpulan data pengolahan serta monitoring secara internal sehingga meemungkinkan pihak pengguna data dan informasi dalam hal ini Pemerintah baik pusat, Daerah dan desa untuk menyelidiki dan memiliki transformasi potensial menjadi Bahan utama dalam Pengambilan kebijakan dan perencanaa Pembangunan.

sumber : bp2dk.id

Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}