.

Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo akan mengunjungi Pidie pada 27/6/2023. Kunjungan Orang nomor Wahid ke Pidie untuk melakukan kick-off penyelesaian pelanggaran hak azasi manusia (HAM) berat pada masa lalu di Aceh secara non-yudisial.

Lokasi yang akan dikunjungi Presiden RI saat di Pidie adalah Rumoh Geudongterletak di Gampong Bili Aron, Kecamatan Glumpang Tiga, Pidie Aceh.


Dipilih Rumoh Geudongkarena disini dulunya terjadi pelanggaran HAM berat semasa bergejolak perang antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Dilokasi terpisah Penjabat Bupati Pidie Ir Wahyudi Adisiswanto M.Si., mengatakan "kunjungan Presentasi Jokowi ke Pidie dalam rangka menyelesaikan kick-off penyelesaian pelanggaran HAM berat masa lalu".

Ada beberapa titik yang nantinya akan di hadiri Presiden Jokowi selama kunjungan kerja ke Aceh.

Wahyudi mengatakan "di lokasi Rumoh Geudongini nantinya akan di bangun Mesjid. Mesjid ini nantinya bisa digunakan sebagai pusat peradaban Islam. Di samping itu juga bisa difungsikan sebagai tempat Pendidikan, di jadikan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA)".

Biar anak-anak Pidie ini langsung tersentuh dengan Al-Qur'an. Apalagi TPA sekarang sangat mudah pengurusan perizinan tambahnya.

Kita jadikan Rumoh Geudongini sebagai pusat peradaban Islam.

"Bisa juga dibangun sekolah dan Kampus, kan lahannya luas, jadi banyak manfaat di tanah bekas Rumoh Geudong ini" jelasnya.

Dengan hadirnya mesjid akan banyak masyarakat yang berdoa untuk segala Arwah korban Rumoeh Geudong. Apalagi dulu korban yang meninggal tidak dilaksanakan Fardhu Kifayah. Dengan adanya mesjid ini, maka masyarakat yang shalat dan berdoa akan Kusy'u.

 

Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}