.

Pulo Panjoe - Kelompok Tani Mawar Gampong Pulo Panjoe Kecamatan Glumpang Baro Kabupaten Pidie mendapatkan bantuan 1 unit Alsintan Combine (mesin pemotong padi) dari Dinas Pertanian Kabupaten Pidie.

Dalam rangka mendukung Swasembada Pangan Berkelanjutan, pemerintah melakukan upaya khusus, salah satunya penyediaan alat dan mesin pertanian (alsintan). Dengan dukungan penyediaan alat dan mesin pertanian diharapkan dapat mengatasi permasalahan substantif yaitu semakin berkurangnya dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian serta lemahnya permodalan petani untuk mengakses kepemilikan alsintan. 

Mencermati kondisi kemampuan petani/kelompok tani dalam kepemilikan alsintan, maka pada tahun 2015 pemerintah memfasilitasi penyediaan alsintan tersebut melalui kegiatan penyaluran bantuan alsintan berupa Combine Harvester (mesin pemotong padi).

Alsintan model Combine Harvester Crown CCh 7130 Hornet, merupakan pengembangan baru mesin pemotong padi. Dengan bobot yang ringan dan tekanan pada tanah yang rendah sehingga dapat menunjang kelincahan kerja di lapangan. Mesin padi ini memiliki keunggulan peforma dan kualitas yang stabil karena menggunakan gearbox pemanen khusus dengan system perontok dan 2 kali pembersih. Perawatan sangat mudah karena mesin penggeraknya terpisah dan sangat nyaman serta mudah dioperasikan.

Mesin pemotong padi ini mampu memanen padi lebih kurang 0.34 Ha /Jam atau sekitar 3 jam untuk menyelesaikan 1 hektar lahan. Memiliki daya rata-rata 23 HP/2200 Rpm, mesin ini di lengkapi dengan tangga besi 1 set, cover penutup 1 buah, crown power sprayer portable cps-808 P  1 unit dan toolskit + hornet 2 buah.



Kelompok Tani Mawar melakukan ujicoba perdana mesin yang disaksikan oleh para anggota kelompok tani tersebut pada tanggal 11 Februari 2016. Salah seorang perangkat Gampong Pulo Panjoe, Salahuddin mengatakan bahwa:


"Ini merupakan sebuah kebanggaan masyarakat Gampong Pulo Panjoe terhadap Pemerintah Kabupaten Pidie yang telah memperhatikan kebutuhan petani. Kami berharap dapat memaksimalkan pemanfaatan mesin ini untuk menunjang sektor ekonomi di bidang pertanian".
Selain itu masyarakat juga menaruh harapan pada pemerintah untuk membantu petani dalam pengolahan bibit unggul dan pupuk organik. Sehingga masyarakat tidak lagi mengeluarkan banyak biaya untuk produksi pertanian. "Selama ini bahan atau alat kebutuhan pertanian banyak didapatkan dari daerah atau kabupaten lain. Dengan adanya sentuhan pemerintah, kebutuhan tersebut diharapkan dapat di produksi sendiri" ujar Salahuddin, Sekretaris Gampong Pulo Panjoe.


Sponsor Link

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}